Assalamu alaikum. Wr, Wb. This blog is an inspiration blog that Rizqi Mardhatillah in high school Takengon Negri 1, which meets the contents of a small paragraph Takengon Area and surrounding cities.(^_^)

Image and video hosting by TinyPic

Cerpen : Kerusakan Danau Lut Tawar

Ditulis oleh: -


Asalamu’alaikum wr.wb..... pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan berbagi sedikit banyak nya tentang danau lut tawar bukan dari sisi keindahannya melainkan dalam bentuk kerusakannya Bukan Danauku Yang Dulu.
Kenyataannya danau yang yang dulu ku kenal sudah banyak berubah dari yang merupakan kota yang dingin kini berubah menjadi tidak dingin, ketika matahari akan bangun dari tidurnya nafas kita pun akan mengeluarakan embun dari mulut, padahal air yang kita minum sehari hari berasal dari danau lut tawar tanpa kita sadari karena air yang berasal dari tanah takengon bersumber dari danau kita bukan!...
Jadi, Banyak sudah kerusakan yang timbul di putaran danau lut tawar. Contohnya kebakaran di hutan,dan di pegunungan yng menjulang tinggi di pinggiran danu lut tawar, sampah-sampah yang bergelimpangan, serta banyak penggalian yang hanya bisa merusak linkungan saja. Padahal asal kalian tau aja ya!!! Setiap aliran danau lut tawar akan menghidupkan kehidupan di beberapa Provinsi di Sumatra yakni air yang dari aceh tengah akan mengalir melalui seluk beluk disetiap desa yaitu, Pegasing, Toa, Biren, Lhoukseumawe, dan sebagainya oleh karena itu, air Biren dan Lhoukseumawe berasal dari danau lut tawar.
Di Takengon banyak orang bercita-cita dengan tinggi seperti ada yang mau menjadi inilah, itulah tetapi tidak ada yang mungkin ada yang bercita-cita menjadi peneliti tentang berbagai macam yang ada di Takengon ini!. Sekarang peneliti itu di ambil alihkan oleh orang-orang luar takengon, mungkinkah danau yang telah menjadi penguasa masyarakat gayo di teliti oleh orang luar!! Bahkan ada juga orang asing yang menelitinya huft…
Tapi taukah kamu orang yang menjadi peneliti itu uangnya banyak lo!! Sekali saja meneliti bisa mencapai 100 juta per 1 kali penelitian , belom 2 kali penelitian ngek sidah nge oya haha>> jadi mengapa kita harus jauh-jauh menjadi segala macam mengejar cita-cita kita tapi hanya ingin di nilai oleh orang lain, bagi teman-teman yang berminat di daerah kita Takengon kekurangan tenaga yaitu untuk antropologi dan arkeologi untuk kalangan siapa saja, siapa bilang kita yang masih kecil hanya bisa bediam diri saja . kita juga harus berperan dalam masyarakat membangun Takengon kedepan agar lebih bisa maju lagi dan lebih memperindah lagi supaya kota yang dapat kita impikan tercapai dengan sepurna dan di jadikan sebagai kota wisata bagi para turis , siapa yang bangga dengan tindakan ini, bukan hanya bupati, pemerintah tetapi kita sebagai masyarakat kita juga bangga dengan hasil karya kita sendiri.
Coba pikirkan jika danau lut tawar semakin hari semakin lama semakin kotor yang keindahannya mulai berkurang maka kurang lebih 100 tahun lagi anak atau cucu-cucu kita tidak akan pernah lagi melihat danau lut tawar lagi selama hidupnya mereka hanya bisa melihat dengan foto-foto yang beredar serta tidak dapat menyaksikan dan menikmati keindahan alamnya seperti kita sekarang ini ,jadi kita harus bersyukur saat ini bahwa kita masih dapat melihat danau lut tawar tersebut.
Dahulu Takengon masih berada pada sebuah kampung yang hanya terdiri dari beberapa rumah saja yang nuansanya sangat sejuk dan air lut tawar masih tinggi volumenya yaitu sekitar tahun 90-an yang terjadi pada masa itu penduduknya mayoritasnya adalah petani dan nelayang, dulu mereka hidup seperti 1 sanak  saudara yang ketika hujan turun debit airnya pun akan bertambah sehingga penduduk yang tinggal di sekitar danau pun menggunakan perahu untuk pergi ke mana-mana. Tetapi sekarang Takengon berubah semakin pesat yang kota yang di penuhi  penduduk yang padat dan bangunan yang padat-padat.
Masyarakat di Takengon pada saat sekarang ini masih banyak memikirkan kalau sekarang pada saat ini mengakui bahwa kerusakan pada danau lut tawar ini karena ulah PLTA peusangan yang melibatkan air menjadi meluap dan kotor, akibatnya masyarakat menjadi protes akibat PLTA peusangan yang saat ini masih di kelola oleh warga asing tersebut. Sebenarnya sekarang bukan masalah PLTA peusangan tersebut tetapi karena masyarakat lah yang melakukan danau kita tersebut menjadi meluap dan jorok . jadi mengapa masyarakat sibuk-sibuk demo kemana-mana hanya untuk mempertimbangkan permasalahan yang tidak tejas begitu.
Sekarang cara yang paling tepat untuk mengubah danau lut tawar kita menjadi bersih dengan menanam pohon di seputaran danau lut tawar dan kita harus berpikir kreatif lagi dengan kelompok atau masyarakat membuat rencana untuk membangun lut tawar tersebut. 
Pada kesempatan yang sekarang kita telah melihat bahwa banyak hal kebelakang orang-orang datang ke takengon untuk melihat pemandangan yang indah seperti artis-artis ibu kota yang datang dari negri luar hanya untuk melihat kindahan danau tersebut, dan seberarnya kedatangan mereka sebelum menyanyi.
Saat ini upaya yang dilakukan orang-orang adalah membuat kelompok atau group save gayo yang bertujuan untuk membersihkan kota dan sekitar danau kita yang berjalan sampai saat ini pula , saya sanagt menyetujui peran mereka tersebut karena dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan banyak maanfaat lainnya.
Jadi kiranya saya sebagai penulis saya juga harus dapat berperan dalam kegiatan tersebut dan bisa membuat kota dingin ini menjadi lebih indah dan lebih banyak lagi sekiranya kita tidak harus menunggu orang yang mengerjakannya tetapi kita sendiri yang berpartisipasi dalam forum ini . maaf jika ada kesalahan penulisan cerpen saya ini . dan hanya ini yang dapat saya berikan kepada kalian semua semoga bisa bermanfaat bagi kita semua ,, AMIIN !!.
Di posting oleh RIZQI MARDHATILLAH

0 komentar "Cerpen : Kerusakan Danau Lut Tawar", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar