Assalamu alaikum. Wr, Wb. This blog is an inspiration blog that Rizqi Mardhatillah in high school Takengon Negri 1, which meets the contents of a small paragraph Takengon Area and surrounding cities.(^_^)

Image and video hosting by TinyPic

cerpen : kerusakan danau lut tawar

Ditulis oleh: -

DANAU LAUT TAWAR 

Debit air Danau Laut Tawar di Aceh Tengah, terus menyusut. Penyebabnya; hutan gundul dan pemanasan global. Takengon memang tak sedingin dulu lagi.
Berkunjung ke Kabupaten Aceh Tengah, sepertinya belum lengkap kalau tidak bertamasya ke Danau Laut Tawar. Selain pemandangan yang indah, danau ini juga punya banyak legenda rakyat. Danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi purba. Terletak di sebelah timur Kota Takengon, di dataran tinggi Gayo, 1.250 meter di atas permukaan laut. Danau terluas di Aceh.

Sangat memprihatinkan danau yang indah ini di ambang kehancuran. Airnya terancam kering. Tiap tahun terjadi penyusutan volume airnya. Dalam masa lima tahun terakhir, airnya sudah surut dua meter. Kepedulian warga sekitarnya juga kurang. Danau kebanggaan orang Gayo ini, kini seperti seorang gadis cantik yang dirundung duka, ditinggalkan kekasihnya. Kekeringan danau tinggal menunggu waktu.

Secara fisik, dari hasil penelitian Ir. M. Saleh M.si yang terangkum dalam buku ekosistim danau Laut Tawar tahun 2000, danau ini mempunyai luas 5,472 hektar, panjangnya 17 kilometer. Sedangkan lebarnya 3,219 kilometer. Diperkirakan volume airnya berjumlah 2,5 triliun liter.

Di sekitar danau saat ini dilengkapi prasarana jalan, yang merupakan jalan provinsi, panjang jalan utara 18 km, panjang jalan selatan 24 km. Jumlah aliran air yang masuk ke danau ini sebanyak 25 sumber aliran, terdiri dari sungai, alur, aliran dengan debit total 10.043, liter/detik. Sementara air yang keluar, hanya satu melalui sungai Krueng Peusangan dengan debit 5.664 liter/detik. Jumlah aliran air tersebut sebenarnya sudah berkurang sejak tahun terakhir. Kalau pun masih ada yang tersisa, airnya sudah sedikit. Danau ini punya kedalaman rata-rata untuk jarak 35 meter dan 8,9 meter untuk 100 meter. Dari pinggir kedalamannya rata-rata 19,27 meter, untuk jarak dari pinggir 1.620 meter danau ini memiliki kedalaman 51,13 meter. Untuk suhu danau, 21 hingga 70 derajat celcius, mulai tempat paling dangkal hingga tempat paling dalam.

Saat ini di sepanjang sisi sungai, dipenuhi dengan keramba penduduk setempat. Kebanyakan tidak beraturan. Saling berdesakan. Hanya menyisakan sedikit ruangan di tengahnya. Keramba-keramba ini juga berdesakan dengan WC umum, tempat cuci pakaian dan tempat mandi. Di tambah lagi tempat pembuangan limbah pasar daging dan ikan.

“Sekarang, kalau kita bisa melewati sungai tidak perlu takut tenggalam, bahkan di sisi sungai sering digunakan untuk tempat main volley pantai,”. Sebuah desa yang persis berada di pinggir laut tawar. Sumber air bersih kedua kabupaten itu juga berasal dari air danau laut tawar, persawahan di sepanjang jalur sungai Peusangan di tiga kecamatan irigasinya juga bergantung pada air danau ini,”

Potensi lain dari Danau Laut Tawar adalah, hadirnya ikan Depik, ikan khas Aceh Tengah. Konon ikan ini hanya ada di Danau Laut Tawar. Ikan ini mirip ikan teri. Ikan ini punya musim. Biasanya ikan ini muncul antara bulan April sampai Agustus. Disebut Depik karena pada bulan tersebut terjadi angin kencang. Musim angin ini disebut musim angin Depik. Sebelum musim tiba, gerombolan Depik bersembunyi di selatan danau, di kaki Gunung Bur Kelieten. Gunung tertinggi di sekitar Laut Tawar. Cara menangkap ikan ini juga cukup unik, dibuat semacam bendungan dari batu dilengkapi dengan alat khas bernama bubu. Ikan ini dijual dalam takaran bambu, bukan kilo.

Di Danau Laut Tawar terdapat 22 jenis ikan yang terdiri dari 15 jenis ikan setempat (ikan Natif) dan 7 jenis diintroduksi dari daerah lain. Di sekitar danau juga hidup beragam fauna, serangga yang dijumpai di sekitar danau berjumlah 49 jenis dengan tingkat kepadatan antara 1-200 individu/meter.

Jumlah ikan di danau juga mulai berkurang. ”Menangkap ikan di danau sekarang tidak seperti dulu, kalau dulu banyak dapat ikan, tapi sekarang susah dapatnya, harus benar-benar sabar,” papar Udin, nelayan asal kampung Bale, Kecamatan Laut Tawar.

Dinas Petenakan dan Perikanan Aceh Tengah mengaku, telah melakukan restocking, yaitu penyebaran benih sekitar 60.000 dari berbagai jenis ikan. Selain itu, melakukan sosialisasi alat tangkap. ”Tapi hasilnya masih saja ada nelayan yang menangkap ikan dengan menggunakan alat-alat tangkap yang terlarang. Di sekitar danau, kini banyak hutan yang gundul. Banyak terjadi perambahan yang dilakukan oleh masyarakat setempat untuk membuat perkebunan. Penebangan liar juga terus terjadi. Meski tidak sebanyak ketika konflik dulu. Jika kita berkeliling, akan dijumpai gunung yang tandus di sepanjang gugusan Bukit Barisan. Sebagian besar tampak bekas-bekas kebun yang ditinggalkan. Kayu, yang tumbang juga banyak. Sebagian tempat, terlihat bekas-bekas kebakaran hutan. Yang tersisa hanya pemandangan bebatuan terjal dan batang-batang pohon yang hangus.

Di sekitar danau saat ini hanya terdapat 74,57 pohon per hektar, idealnya 201 pohon perhektar. ”,” Pohon yang ditanam adalah pinus,mahoni,alpukat,dan kayu manis Dinas Kehutanan Aceh Tengah, telah melakukan Di sekitar danau, terdapat 20 kampung, di empat wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Bintang, Kebayakan, Bebesan dan Kecamatan Laut Tawar. Warga setempat mayoritas petani dan nelayan.

Danau Lut Tawar merupakan titipan dari Tuhan jadi,kita harus menjaganya agar tetap terjaga keindahan dari Danau Lut Tawar karena banyak manfaat yang dapat kita peroleh setiap hari dari Danau tersebut. 
postingan : rahima wahyuni

0 komentar "cerpen : kerusakan danau lut tawar", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar